Pembukaan DIKLAT PASKIBRAKA Provinsi Kalimantan Barat 2024

Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kalimantan barat

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Provinsi Kalimantan Barat oleh Pj. Gubernur

PONTIANAK. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, melalui Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa, menggelar pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, pada 31 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Paskibraka dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat dan secara resmi dibuka oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat, Bapak Dr. Harisson, M.Kes.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur menyampaikan pentingnya pendidikan dan pelatihan ini sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi anggota Paskibraka. "Pelaksanaan Diklat Calon Anggota Paskibraka ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi anggota Paskibraka. Hal ini menjadi penting mengingat Pancasila merupakan ideologi bangsa dan jati diri bangsa Indonesia," ujar beliau.

Beliau juga menekankan agar para anggota Paskibraka dapat menjadi role model generasi muda di lingkungan masing-masing setelah kembali dari pelatihan ini. "Sekembalinya adik-adik dari kegiatan ini, diharapkan menjadi role model generasi muda di lingkungan sekitar. Ikuti seluruh materi dan instruksi dari para pelatih, pembina, serta panitia dengan baik dan sungguh-sungguh," tambahnya.

Pj. Gubernur juga berpesan kepada para pelatih, pembina, dan panitia agar memastikan nilai-nilai Pancasila benar-benar tertanam dalam diri para calon anggota Paskibraka. "Saya berpesan kepada para pelatih, pembina, dan panitia agar benar-benar menanamkan nilai-nilai Pancasila. Setelah selesai melaksanakan tugas mengibarkan dan menurunkan bendera pada 17 Agustus nanti, para anggota Paskibraka ini akan memiliki tanggung jawab sebagai Duta Pancasila," ujarnya menutup sambutan.

Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda yang tangguh, berwawasan kebangsaan, dan memiliki rasa cinta tanah air yang mendalam, serta siap menjalankan tugas penting pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79.

31 Juli 2024